TRAXMAGZ.com
FOLLOW US ON:
Facebook Twitter Google Plus
Loading
ADVERTISER / SUBSCRIBERS

Lebih 10.000 Orang Dukung Petisi Kaka Slank Selamatkan Pulau Bangka

09 OKTOBER 2013

Andre "Opa" Sumual

Lebih 10.000 Orang Dukung Petisi Kaka Slank Selamatkan Pulau Bangka

Kaka, vokalis band legendaris Slank mempetisi Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang dan Bupati Minahasa Utara Sompie Singal atas nama penyelamatkan sebuah pulau kecil bernama Bangka yang kini terancam lenyap karena pertambangan.

 

Petisi yang dirilis akhir September lalu secara online via Change.org itu meminta kepada Gubernur dan Bupati agar menghentikan praktek tambang biji besi dari sebuah perusahaan China yang mulai berlangsung di pulau itu. Secara spesifik Kaka meminta kepada Sarundajang yang dikenal sebagai gubernur hijau dengan program-program ekowisata dan kelautan agar mencabut ijin perusahaan tambang asing tersebut. Karena menurut Kaka, apabila pertambangan tetap berlangsung, selain akan menghancurkan pulau kecil itu, limbah tambang juga dipastikan akan merusak terumbu karang disekitar pulau yang terkenal indah itu. 

 

Pulau Bangka yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan luas hanya 4700 hektar namun memiliki kekayaan alam biji besi. Dihuni oleh 2700 jiwa yang tersebar di empat kampung yaitu Kahuku, Libas, Lihunu dan Ehe. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

 

Kaka menulis dalam petisinya:

 

“First time aku ke Bangka Island waktu 'diving trip' ku ke Manado. Rencananya diving di Bunaken, Manado Tua, Lembeh. Tapi temen bilang 'Kamu harus pergi ke Pulau Bangka!' langsung mikir Bangka-Belitung. Ternyata Bangka yang ini deket aja dari Manado! ;) langsung menuju kesana! Itu Maret 2012

Sekarang sudah ke-empat kalinyanya aku ke Bangka! Alamnya bagus, cantik, bawah laut-nya salah satu yang terbaik! soft coralnya bikin warna lautnya biru muda. Dan kecil banget! Sesuai peraturan, pulau yang luasnya dibawah 200.000 hektar gak boleh ditambangi. Dan pulau Bangka ini luasnya hanya4700 hektar! Jadi kalo bener jadi pertambangan PT MMP (Mikgro Metal Perdana) itu, udah jelas ilegal!”

 

Ketika berita ini diturunkan (10 hari sejak dirilis) sudah 13.395 orang yang ikut menandatangani petisi ini., dan tentunya akan semakin banyak orang yang akan mendukung #SaveBangkaIsland

 

COMMENTS

VIDEO

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.

TWITSTREAM