TRAXMAGZ.com
FOLLOW US ON:
Facebook Twitter Google Plus
Loading
ADVERTISER / SUBSCRIBERS

Jedi Mind Tricks

The Psycho Social CD



08 OKTOBER 2014


Pradipta Nugrahanto

Sampling bagi sebagian musisi mungkin kedengaran tabu. Dari mulai diklaim memakai musik orang, sampai minimnya kreativitas sehingga tidak bisa membuat lagu sendiri. Namun untuk penyuka hip hop era '90an sampling adalah 'menu wajib' dan yang penting adalah bagaimana bisa menutupinya sampai orang sulit menerkanya. Sama seperti di album yang aslinya berjudul The Psycho-Social, Chemical, Biological & Electro-Magnetic Manipulation of Human Consciousness ini. Penuh dengan sampling, dari mulai Wu Tang Clan, Del The Funkee Homosapien, sampai Stevie Wonder dan Riley Martin.
Saat album ini dirilis, Vinnie Paz masih sendiri, belum ada
partner in crime-nya Jus Allah yang repetan rimanya membuat grup ini banyak dijadikan influencer hip hop underground era 2000an (namun ikut featuring di track terakhir, “Get This Low”). Namun meski kala itu 'hanya' ditemani seorang produser, Vinnie Paz memang berotak jenius, ia meramu beat-beat ajaib dan menggabungkannya dengan rima menohok. Hasilnya tentu saja komposisi luar biasa seperti “The Winds of War” dan “The Immaculate Conception”. Meski amunisi liriknya terbilang berbahaya, Paz tidak banyak meracau soal politik di sini, namun lebih pada alam dan sejarah.

Sejumlah 'tamu tapi teman' ikut diajak di album ini. Dari Apathy, Breath of Judah, Yan The Phenomenon, sampai Tariq Trotter a.k.a Black Thought. Lima lagu terakhir memang rilisan lama sebelum album ini lahir dalam format CD dan vinyl empat tahun setelahnya. Sebuah paket hip hop lengkap, dan bila Anda menyangka mereka adalah grup hip hop gangster, sesungguhnya Paz adalah seorang muslim yang taat.

COMMENTS

VIDEO

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.
Trax_Plug_n_Play_small

TWITSTREAM