TRAXMAGZ.com
FOLLOW US ON:
Facebook Twitter Google Plus
Loading
ADVERTISER / SUBSCRIBERS

Album Review : Killing Me Inside, Rebirth A New Beginning



13 JULI 2015


Dani Febrian Alzamendi

dok. RPM

 

Menepis Ragu

 

Seakan tak terlalu ambil pusing dengan pergantian personel beserta isu di belakangnya, Killing Me Inside (KILLMS) justru menggebrak lagi dengan rilisan album keempat. Josaphat dan kawan-kawan kembali lagi dengan ramuan musik, ide cerita, dan tentunya nuansa vokal yang berbeda dari biasanya.

 

Walau mereka telah berganti formasi, namun demikian tak menyurutkan niat band yang didirikan pada 2005 lalu ini untuk tetap menjajal peruntungannya lagi di industri musik Indonesia. Diluncurkannya album terbaru mereka pada November 2014 lalu ini memberikan secercah harapan bagi Savira Razak (vokal), Josaphat Klemens (gitar) , Ruyde (kibor), Angga Tetsuya (bass), dan Putra Pra Ramadhan (drum) untuk terus mengukuhkan eksistensi mereka.

 

Dilapis dengan balutan warna hitam pekat pada kemasan CD, membuat kesan penonjolan pada sisi elegansi yang mereka tampilkan di dalamnya. Foto para personel yang dipampang dengan porsi paling besar tepat pada cover depan, nampak sekali KILLMS ingin memperkenalkan wajah formasi baru dari band yang pernah menyabet penghargaan Anugerah Musik Award (AMI) 2012 kategori karya produksi Rythm & Blues Terbaik untuk lagu 'Biarlah'. Seperti yang telah digembar-gemborkan sebelumnya oleh sang pentolan Josaphat, dan ternyata memang ini sebuah kenyataan bahwa kegaharan KILLMS era A Fresh Start For Something New (2008) dihadirkan lagi. Kalau biasanya vokal Onadio Leonardo yang lebih pekat terdengar menaklukan nada pop seperti pada album sebelumnya One Reason (2012), kini perempuan cantik nan imut-imut bernama Savira Ravak lah yang akan mewarnai 10 trek yang diparkir dalam album ini. Savira memang tak akan terdengar menghantam part-part scream, namun setidaknya coloring yang dilakukan terdengar sangat nyaman, walaupun dengan hanya mengandalkan suara bersih, namun timbre suara vokalis kelahiran 1992 ini dapat memberikan kombinasi kontras yang luar biasa antara kelembutan dan kesangaran scream / growl dari Ruyde.

 

Dibuka dengan 'Young Blood' pada trek pertama yang menggabungkan derasan deru sound dan scream dibarengi permainan gitar deep hasil teriakan tabung high gain. Vokal Savira yang terselip manis membuat setidaknya KILLMS memiliki daya pikat baru yang amat merdu dalam perjalanannya ke depan. 'Young Blood' adalah bukti dari janji-janji mereka, dengan tetap menjaga musikalitas yang telah diusung seperti pada album pertama. Bahkan ‘Young Blood’ jauh lebih giras terdengar, bila dibandingkan dengan ‘For One Last Time’ di album One Reason (2012) yang dinyanyikan oleh Onadio. Beranjak ke lagu selanjutnya yang memberikan perhatian tersendiri sebab bila dilihat di bagian sampul belakang tertera bahwa lagu ini mendaulat suara dari Sansan personel Pee Wee Gaskins. Perhatian yang penuh kejutan tentunya sebab ada suara sang mantan vokalis KILLMS ini tengah berduet dengan Savira membawakan lagu ‘Fake’ pada trek 4. Sansan memang tidak mengeluarkan scream vokalnya disini, tapi powernya yang kuat memang sangat menonjol, membuat lagu ini menjadi sangat asik. Savira dan Sansan mampu saling melengkapi dalam nomor ini.

 

Diluar dua trek yang dibahas diatas dengan tidak perlu banyak basa-basi, lagu demi lagu selanjutnya akan membawa para 'Street Team' (sebutan bagi die hard fans KILLMS) untuk bernostalgia, lebih tepatnya Anda akan mendapatkan sensasi mendengarkan KILLMS di awal kariernya. Beberapa nomor yang patut didengarkan antara lain ‘Never Surrender’, ‘Leaving’, dan ‘Let It Go’. Josaphat dan kawan-kawan memang berkomitmen untuk come back seperti dulu lagi, namun, mereka tak lupa menyajikan pop manis peninggalan vokalis lama seperti pada lagu ‘Kau dan Aku Berbeda’ dan ‘Hilang’. Ditambah remake ‘Biarlah’ dari album self titled, tentunya dengan nuansa musik yang lebih rock dari sebelumnya. KILLMS you rock!!~BIMA

 

COMMENTS

VIDEO

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.
Trax_Plug_n_Play_small

TWITSTREAM