FOLLOW US ON:

Loading
ADVERTISER / SUBSCRIBERS

LOGIN | SIGNUP

Adidas Luncurkan Sepatu Bola Tanpa tali


18 JANUARI 2016


Radhitio Anindito

Di tahun 2015, adidas mencengangkan dunia sepak bola dengan mengungkapkan bahwa sepatu bola tanpa tali (laceless) akan dapat dipakai di lapangan pada 2016. Diungkap oleh beberapa pemain terhebat dunia melalui  Instagram, purwa rupa (prototype) sepatu bola berwarna hitam muncul di lapangan latihan di seluruh dunia.

ACE 16+ PURECONTROL, sepatu bola performa tinggi tanpa tali pertama di dunia, akan digunakan di lapangan oleh Mesut Ozil dan Ivan Rakitic sejak 23 Januari 2016. Sepatu bola revolusioner ini akan tersedia secara terbatas untuk masyarakat umum pada toko induk adidas di Paris, Marseille, London, Barcelona dan Manchester, serta beberapa mitra ritel terpilih.

Pengungkapan model sepatu bola tersebut telah membuat para penggemar berspekulasi tentang teknologi dibelakang sepatu bola paling “mengacaukan” dalam beberapa tahun kebelakang. Sekarang, detil lengkap tentang sepatu yang menjadi perbincangan dapat diungkapkan.

Tali-temali telah digantikan oleh tiga titik stabilitas untuk mengunci kaki kedalam sepatu. Rangka TPU mengunci melewati tiga garis ikonik untuk mengamankan bagian tengah kaki dan lebih merekatkan dengan bagian atas yang di rajut dan sistem penguncian rajutan techfit bagian dalam. Bagian atas adalah evolusi dari teknologi Primeknit adidas, memadukan rajutan premium ketat dan longgar di sepanjang sepatu untuk pemasangan yang optimal.

Hasilnya adalah pemasangan pas seperti sarung tangan dan memungkinkan tendangan paling jernih menggunakan area permukaan yang lebih luas  untuk menghasilkan lebih banyak kekuatan dan akurasi.

Mesut Ozil akan menjadi salah satu pemain yang menggunakan sepatu bola tersebut dan ia berperan sangat  penting saat pengembangan produk. Playmaker dari Jerman tersebut mengungkapkan, “Sepanjang karir saya, saya telah mencoba untuk meminimalisasi dampak dari tali di tendangan dan kontrol bola saya. Saya mengatakan pada adidas di tahun 2014 bahwa di ruang ganti saya melilit tali sepatu  terus menerus dan menyelipkannya di bagian belakang, dengan cara itu tali tersebut tidak mempengaruhi sentuhan saya. Saat mereka mendatangi saya tahun lalu dengan sepatu sepak bola tanpa tali, mereka seperti telah menciptakan produk impian saya. Saya tidak sabar untuk menggunakannya di lapangan.”

Sepatu bola ini pun mempunyai fitur seperti kantong tumit yang diperbesar dan plat sol yang dikembangkan ulang untuk mengurangi berat sepatu.

VIDEO

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.

TWITSTREAM

VIEW ON TWITTER